Rabu, 21 November 2012

Asyiknya Menikmati Liburan Ditemani Cericit Kelelawar di Kalisuci









Kalisuci merupakan salah satu wahana wisata alam menakjubkan di Dusun Jetis , Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul ( Daerah Istimewa Yogyakarta ). Hal yang mengasyikan di obyek wisata ini adalah berpetualang menyusuri gua ( cave tubin ). Menyusuri lika-liku Goa Kalisuci sungguh menyenangkan. Suasana alam yang masih alami dan keindahan karst Gunungkidul sungguh sangat eksotik.
        Goa Kalisuci memiliki tantangan tersendiri dan mengharuskan setiap penyusur memiliki tenaga ekstra. Hal ini lantaran untuk mencapai Goa Kalisuci ini, para wisatawan harus berjalan di jalur tracking sepanjang 70 meter. Jalur tracking sudah di cor beton , namun beberapa bagian tetap dijaga keasliannya. Dengan tarif Rp 65.000,00 / orang , pengunjung mendapatkan fasilitas sewa perlengkapan ( pelampung , helm , dll ) , asuransi , makan siang dan jasa pemandu.
        Wisatawan akan memulai perjalanan dari Goa Kalisuci, Goa Glatik dan berakhir di mulut Goa Gelung. Petualangan dimulai saat ban besar yang disediakan mulai masuk kedalam air. Pemandu kemudian mulai menggerakan ban agar tidak tertahan batu. Selanjutnya ban bergerak seirama alirn air dan membawa petualang dalam goa berair tenang dan bersuhu sejuk. Menyusuri aliran sungai dalam goa yang berkelok-kelok , air biru kehijauan terlihat kontras dengan warna coklat tanah , tebing karst yang eksotik serta ditemani jeritan kelelawar. Stalaktit yang terlihat di atap Goa terus meneteskan air , beberapa diantaranya seperti batu kristal yang meneteskan air . Di beberapa bagian , wisatawan juga bisa bermain-main untuk sekedar berfoto dan berenang. Tempat yang asyik untuk bermain-main antaralain di dekat Watu Gajah, sebuah batu besar berwarna putih kecoklatan . Di dekatnya terdapat air hijau kebiruan yang memiliki kedalaman sekitar 1,5 – 1,8 meter.
        Sangat menakjubkan bukan , tentu saja hal menakjubkan tersebut hanya dapat dibuktikan  bila anda mengalaminya sendiri . Wisata alam yang jauh dari hiruk pikuk kebisingan kota berganti sahutan alam , penuh petualangan dan keelokan yang ditawarkan tentu dapat mengobati stres pikiran anda sejenak . Saran penulis jika berminat mengunjungi tempat ini, siapkan kondisi tubuh yang fit karena anda akan menyusuri goa kurang lebih 3 jam  . Selamat mencoba dan selamat menikmati keindahan alam Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar