Sabtu, 22 Desember 2012

Desa Wisata Petung Suguhkan Keindahan Alam Pegunungan







Bagi anda yang merindukan suasana asri di pedesaan untuk mengisi liburan, tak ada salahnya berkunjung ke  Desa Wisata Petung. Lokasi desa wisata ini berada di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa wisata ini dikelilingi hutan sehingga akan terasa sejuk, khas di daerah lereng pegunungan. Dari gardu pandang, dapat dilihat keelokan Gunung Merapi. Sering kali burung elang jawa terbang ikut menghiasi pemandangan alam di kawasan Petung ini.

          Lokasi yang dekat dengan Gunung Merapi memang menjadi keelokan tersendiri di Desa Wisata Petung. Selain itu, desa wisata ini juga menyuguhkan perkebunan kopi yang membentang luas milik masyarakat setempat. Jadi, pengunjung Desa Wisata Petung ini bisa belajar dari petani kopi, bagaimana memelihara tanaman kopi, memetik biji kopi, serta mengolahnya hingga cara mehidangkannya. Bagi anda yang suka jelajah alam, di kawasan desa wisata ini juga memiliki jalur tracking, lokasi outbond, jelajah desa dan kegiatan alam lainnya. Untuk urusan kuliner , makanan khas desa setempat bisa dibeli untuk sekedar oleh-oleh , misalnya camilan berbahan umbi-umbian, criping enthik, suweg , gadung, ganyong, gembi,uwi. Di desa ini ada kelompok masyarakat yang mengembangkan industri kuliner berbahan umbi-umbian, yakni Mekarsari. Pengunjung pun dapat berkunjung ke industri pengolahan umbi ethnik, yaitu sejenis umbi bagian anakan dari kimpul yang memiliki kandungan karbohidrat dan protein tinggi, serta digunakan sebagai makanan diet untuk pengidap diabetes. Untuk akses ke desa wisata ini cukup lancar karena beraspal dan banyak petunjuk di jalan utama Petung .
        Di desa wisata ini juga telah dilengkapi beberapa fasilitas pendukung untuk pengunjung seperti masjid, homestay , geung pertemuan dengan daya tampung 150 orang dan parking area yang cukup luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar