Sabtu, 08 Desember 2012

Merasakan Sensasi Rumah Domes Di New Nglepan








Rumah berbentuk kubah mirip dalam film anak-anak Teletubbies tampak unikdan menjadi daya tarik Dusun Nglepen,Sumberharjo Kecamatan Prambanan , Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kesan unik pada bentuk bangunan dan suasana pedesaan yang masih asri menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung. Kawasan pedesaan tersebut memang dicanangkan menjadi kawasan wisata bernama New Nglepan. Cukup banyak wisatawan yang datang, baik itu dari masyarakat umum maupun dari berbagai instansi pemerintahan . Mereka kebanyakan pensaran ingin menyasikan rumah unik tersebut dari deket dan mencari tahu kondisi di dalam rumah yang diadaptasi dari bentuk rumah suku Eskimo , yakni Igloo.

      Rumah tersebut akrab disebut dengan Rumah Domes. Sejarahnya , rumah tersebut diperuntukan bagi warga Desa Sengir dan Patuk yang direlokasi pasca gempa dasyat pada 27 Mei 2006. Rumah  Domes, dirancang khusus tahan gempa. Sambungan antar konstuksi bangunan sanggup menahaan terpaan angin hingga berkecepatan 450 Kilometer per jam. Bangunan itu memiliki 2 lantai. Lantai bawah digunakan sebagai ruang tamu, ruang makan dan ruang tidur. Sedangkan lantai atas digunakan untuk ruang keluarga. Rumah ini merupakan bantuan sebuah LSM Internasional terkait peristiwa gempa dasyat di wilayah Yogyakarta yang banyak meluluh lantahkan rumah-rumh warga .

    Kini warga di sana mengandalkan pendapatan dari kunjungan wisata dan penjualan cinderamata khas desa setempat. Masyarakat sekitar juga beberapa membuka warung makan sederhana . Bagi wisatawan yang berkunjung ke Dusun New Nglepan ini , pihak pengelola desa wisata menyediakan 6 unit rumah yang siap disewakan kepada wisatawan. Serta fasilitas makan 3 kali sehari , mushola, dan air bersih. Wisata juga dapat melihat penampilan hiburan kesenian tradisonal serta dapat mengikuti aktivitas warga di malam hari terutama dalam kegiatan Siskamling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar