Sabtu, 08 Desember 2012

Melepas Lelah Sambil Melihat Lava Bantal Di Kali Opak










Jutaan tahun lalu, Kecamatan Berbah maupun beberapa Kawasan di Pulau Jawa diyakini sebagai kawasan laut dalam. Asumsi ini dimunculkan karena ditemukannya lava beku berbentuk mirip bantal yang hingga kini dapat disaksikan di Kali Opak , Dusun Watuadeg, Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman , Daerah Istimewa Yogyakarta. Lava beku tersebut digunakan sebagai peneitian geologis. Wujud batuan yang terbentuk dari lava bantal memiliki bentuk yang indah. Berwarna gelap abu-abu dengan lapisan halus dan berstruktur oval. Di bagian permukaan tampak guratan-guratan yang membentuk bulatan lonjongmenyerupai bantal. Lokasi lava bantal dialiran Kali Opak tersebut diapit 2 buah bukit serta dihiasi jembatan besi yang dibangun pada masa penjajahan Jepang. Di antara kedua bebatuan , mengalir air yang cukup deras.

        Warga setempat kerap memanfaatkan sebagai lokasi hobi memancing ikan. Bagi para pendatang biasanya menggunakan lokasi ini sebagai tempat untuk bersantai maupun sebagai penyalur hobi photograpy dan juga sebagai lokasi latar preweding. Sedangkan oleh beberapa mahasiswa maupun ilmuan kerap dimanfaatkan sebagai bahan penelitian.

    Selain lava bantal , terdapat juga batu yang posisinya berdiri. Batu itu berdiameter kira-kira sekitar 50 cm dengan ketinggian sekitar 2 meter menyerupai menhir ( tugu batu zaman prasejarah ). Menurut warga sekitar , batu tersebut menjadi cikal bakal penggunaan nama Watuadeg, yang berarti batu yang berdiri tegak. Di lokasi sekitar dikelilingi deretan bukit-bukit dari bebatuan yang umurnya sangat tua yang terbentuk dari batu kapur. Sementara di sebelah utara, terdapat bukit candi yang didalamnya ada sebuah peninggalan zaman penjajahan Jepang berupa goa dan sumur Bandung yang digunakan untuk membuang senjata- senjata tradisional yang digunakan rakyat Indonesia saat perlawanan masa penjajahan Jepang. Maka , bagi anda yang berminat tak ada salahnya datang ke Yogyakarta mengunjungi Dusun Watuadeg, Jogotirto, Kecamatan Berbah , Kabupaten Sleman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar